Ratusan pendaki ke puncak Merapi

seratus orang pendaki ke puncak gunung merapi melalui pintu pendakian dukuh plalangan, desa lencoh, kecamatan selo, kabupaten boyolali, jawa sedang, di liburan lama saat ini.

jumlah pendaki ke merapi hingga sekira 120 pihak dan mendaftarkan identitas pada base camp plalangan, papar anggota tim pencari juga penyelamat (search and rescue/sar) barameru pada desa lencoh, samsuri, minggu.

menurut dia, angka pendaki tersebut tidak tergolong dan tak mendaftarkan identitasnya, karena mereka ada dan segera menggarap pendakian ke puncak.

para pendaki datang dari seluruh daerah, diantara lain jakarta, yogyakarta, magelang, solo, dan semarang. mereka mulai menggarap pendakian ke puncak mulai sabtu (30/3) sekira jam 19.00 wib hingga jam 00.00 wib.

para pendaki biasanya mulai menurun kurang lebih pukul 10.00 wib sampai siang nanti, ujarnya.

selain tersebut, pendaki daripada wisatawan asing juga banyak dalam liburan lama ketika ini, yaitu sekira 20 orang. mereka menggarap pendakian didamping pemandu dari masyarakat setempat.

Yang Lainnya: Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Murah - Jam Tangan Murah

para wisatawan, keduanya berasal daripada prancis, belanda, serta amerika serikat. mereka ke puncak biasanya menyaksikan indahnya pemandangan pegunungan dan kearifan lokal warga selama lereng merapi, ujarnya.

bahkan, banyak wisatawan asing dan menggarap pendakian ke puncak merapi lebih dibandingkan Satu kali, sebab terkait menelitian gunung teraktif dalam dunia tersebut, maupun hanya menyaksikan nuansa pemandangan.

menyinggung soal ongkos betul pemandu yang mengantar wisatawan asing ke puncak, dia menjelaskan, bervariasi tergantung dengan biro perjalanan serta tak. bila melalui jasa biro perjalanan senilai rp150.000 sekali antar, sedangkan dengan langsung sekira rp300.000.

ia menjelaskan, kasus pendaki pada liburan tiga hari ini meningkat dibanding malam minggu sebelumnya cuma kurang lebih 50 orang.

kendati itulah, pihaknya mengimbau pada pendaki yang melakukan pendakian ke puncak merapi untuk mendaftarkan identitasnya pada base camp plalangan, makanya akan memudahkan tim sar bilamana mereka usah pertolongan ketika pendakian.

kondisi cuaca dalam lereng merapi cukup cerah. hujan kini sudah berkurang, makanya cuaca dalam puncak sering cerah, ujarnya.

menurut handoko (28), salah asli pendaki asal solo, dirinya bersama lima pihak temannya melakukan pendakian ke merapi karena bertepatan musim liburan.

saya menggarap pendakian cuma akan berhadapan sesama teman pencinta alam, sambil bereuni agar melihat keindahan alam pegunungan, ujarnya.