Pulau Moti jadi pusat pengembangan rumput laut

pulau moti pada kota ternate, maluku utara (malut), dijadikan pusat pengembangan budidaya rumput laut, karena perairan pantai pulau itu sangat cocok untuk usaha budidaya rumput laut.

wali kota ternate, burhan abdurrahman, selama ternate, sabtu, mengatakan pemkot ternate sudah mengalokasikan anggaran dalam apbd 2013 sebesar rp100 juta lebih agar membantu penduduk setempat dalam membangun budidaya rumput laut.

pemkot ternate menjadikan pulau moti pusat pengembangan budidaya rumput laut supaya meningkatkan kesejahteraan warga selama situ sekaligus membuka lapangan kerja terhadap kaum pencari kerja setempat, ujarnya.

usaha budidaya rumput laut menjanjikan hal lumayan sulit karena hanya selama kurun waktu 40 hari sudah bisa dipanen, selain tersebut usaha budidaya rumput laut tidak membutuhkan modal dan begitu besar.

Informasi Lainnya:

menurut wali kota, warga yang membangun budidaya rumput laut selama moti dipastikan tidak akan mengalami kesulitan pemasaran, karena sepenuhnya hendak serap untuk bahan baku pabrik rumput laut pada kota ternate.

pabrik rumput laut dalam kota ternate dan dibangun melalui dana rp10 miliar lebih itu adalah santunan daripada kementerian perindustrian untuk keluar dari kesulitan pemasaran yang selama ini sering dialami petani rumput laut dalam semua daerah pada malut.

wali kota menambahkan, pemkot ternate serta hendak menjajaki pengembangan budidaya ikan kerapu selama pulau moti dan sejumlah pulau lainnya di kota ternate, karena prospek pasar ikan kerapu amat baik, begitu pula harganya sangat mahal.

usaha budidaya rumput laut serta ikan kerapu dan menjadi pilihan bagi kaum nelayan dan tak mempunyai sarana penangkapan ikan yang memadai supaya menangkap ikan dalam perairan lepas pantai.