Empat calon bos WTO tersisih

dua kandidat daripada afrika tumbang selama pencalonan sebagai direktur jenderal organisasi perdagangan dunia (wto), bersama dua kandidat yang lain daripada costa rica serta yordania.

ketidaklolosan keempat kandidat ini mebuat marah negara maju, tutur duta sulit kenya supaya wto anthony andanje pada afp.

mereka bilang pada kami bahwa kaum calon dari ghana, costa rica, kenya dan yordania tak didukung luas, tutur andanje di jenewa.

andanje menyatakan kenya benar-benar tak senang atas jalannya proses pencalonan bos wto tersebut.

Informasi Lainnya:

proses seleksinya cacat serta prosedurnya sudah dilanggar, kata dia semisal dikutip afp.

sembilan kandidat mau berlomba menggantikan pascal lamy dan orang prancis juga mantan komisi perdagangan uni eropa yang telah empat tahun memimpin wto.

negara-negara maju berlomba mencalonkan diri supaya pemilihan 1 september yang akan datang.

namun tersisihnya mantan dubes kenya pada wto amina mohamed, menteri perdagangan costa rica anabel gonzalez, ahmad hindawi daripada yordania dan alan kyerematen daripada ghana, membeli dubes brazil untuk wto roberto azevedo adalah keinginan memimpin wto.

namun calon kunci lainnya daripada indonesia menparekraf mari pangestu menjadi salah Satu daripada tiga kandidat perempuan untuk mengetuai wto.

calon-calon lainnya merupakan wakil mexico herminio blanco mendoza, taeho bark dari korea selatan serta tim groser dari selandia masih.

tidak seperi badan pbb lainnya, ketua wto dijalani menurut sistem konsensus.

didirikan dalam 1995, wto bertujuan memajukan negosiasi perdagangan global demi pertumbuhan melalui menjalankan pasar juga menyingkirkan hambatan perdagangan, tergolong subsidi, pajak yang tinggi serta regulasi.