Nelayan temukan kapal terbalik, diduga angkut imigran

dua orang nelayan kabupaten trenggalek, jawa timur, dengan tidak sengaja menemukan sebuah kapal jenis slerek dan terbalik dan nyaris tenggelam selama tengah perairan panggul, kamis (18/4) kurang lebih jam 10.00 wib.

kata kapolsek panggul, akp solichin, jumat, kapal hasil temuan nelayan tersebut kini telah ditarik ke pinggir pantai juga tengah diselidiki.

belum dikenal pemilik ataupun pun korban jiwa akibat terbaliknya kapal berkapasitas 50-an orang tersebut

spekulasi lalu mencuat kiranya kapal kayu jenis slerek warna putih dan biasanya digunakan nelayan supaya berlayar lintas perairan itu, kemungkinan telah digunakan untuk mengangkut imigran gelap menuju pulau cristmast, australia.

Informasi Lainnya:

kami belum berani mengarah ke imigran gelap serta bukan sebab tak banyak petunjuk yang mengarah ke situ, hanya saja pada dalam kapal itu kami mendapatkan ada lima tas dan berisi pakaian termasuk jaket, ujarnya.

menurutnya, ketika ini kapal bidang slerek berwarna putih tersebut sekarang berhasil ditarik ke tepi juga sekarang diamankan dalam pantai joketro kecamatan panggul.

solichin menambahkan, agar mengungkap penemuan kapal tersebut pihaknya telah berkoordinasi melalui jajaran kepolisian wilayah terdekat seperti polres pacitan serta kepolisian air sekitar.

wilayah perairan selatan jawa termasuk kawasan dan rawan digunakan dibuat jalur penyeberangan imigran gelap agar mencari suaka ke australia.

dua tahun yang lalu, sebuah kapal yang mengangkut lebih daripada 200 imigran gelap asal timur sedang ditemukan tenggelam pada perairan selatan prigi, trenggalek.

dikonfirmasi terpisah, kapolres trenggalek, akbp totok suhariyanto menegaskan, pihaknya belum mendapat info kehadiran catatan kapal tenggelam maupun dugaan kasus laut akibat upaya penyelundupan imigran asal timur sedang dalam kurun beberapa hari terakhir.