RI-Bangladesh bahas pengungsi Rohingnya

menteri luar negeri ri, marty natalegawa, menggelar pertemuan bilateral dengan menteri luar negeri bangladesh, dipu moni, agar mendiskusikan pengungsi penduduk etnis rohingnya, myanmar.

kami duduk bersama untuk membicarakan apa supaya perihal pengungsi rohingnya ini--bekerjasama dengan myanmar--bisa diatasi melalui baik, papar marty pada sela-sela pelaksanaan konferensi tingkat menteri regional bali process pada nusa dua, bali, selasa.

menurut dia, selain membahas hubungan bilateral kedua negara dan kerja sama selama konteks bali process, masalah pengungsi rohingnya dan adalah salah Salah satu topik bahasan di pertemuan dan berlangsung sekitar 15 menit itu.

bangladesh, berdasarkan perwakilan tetap indonesia selama pbb tahun 2007-2009 itu, dinilai untuk penerima terbesar kasus warga muslim yang menjadi korban tragedi kemanusiaan pada negeri bekas junta militer tersebut.

Lainnya: Menurunkan Berat Badan - Melangsingkan Badan - Melangsingkan Badan

marty melaporkan bahwa sudah ratusan ribu penduduk etnis rohingnya dan sudah mengungsi ke negara dan beribu kota dhaka itu.

sebagai negara paling besar pada asia tenggara sekaligus angka populasi penduduk muslim terbesar dalam dunia, bangladesh menginginkan keberadaan pembicaraan mendalam melalui indonesia tenntang isu rohingya.

melalui pertemuan bilateral tersebut, negara yang segera berbatasan dengan pengunungan himalaya itu menginginkan untuk kedua negara bisa mencegah untuk masalah kemanusiaan tersebut tidak tambah rumit.

masalahnya bagaimana mampu mencegah agar masalah tersebut tak kian rumit, ujar diplomat dibandingkan bandung, jawa barat itu.

belum diketahui berapa jumlah pengungsi dan melarikan diri daripada rohingya, myanmar, ke indonesia sesudah terjadi konflik berkepanjangan yang hingga saat ini dinilai belum kondusif semuanya.

selain berhadapan dengan bangladesh, marty natalegawa serta menggelar pertemuan bilateral melalui delegasi pbb jenis pengungsian atau unhcr dan dipimpin dengan asisten komisioner unhcr, erika feller.

marty menambahkan kiranya badan pbb itu mengapresiasi kontribusi indonesia selama bali process serta adalah negara yang berkontribusi pada penyelesaian konflik di myanmar.

mereka mengapresiasi atas bagaimana yang sudah kita kontribusikan pada `bali process` termasuk kontribusi kita kepada penyelesaian masalah myanmar, tutur dia.