Polisi amankan tiga lagi pelaku pembakaran di Palopo

petugas kepolisian resor palopo menjerat tiga pihak lagi yang diduga ikut serta selama pembakaran kantor pemerintah kota palopo pada kerusuhan tenntang pemilihan kepala daerah (pilkada) belum berlalu lalu.

kata kabid humas polda sulawesi selatan dan barat kombes pol endi sutendi dalam makassar, selasa, ketiga warga dan ditangkap tersebut tiap-tiap at, su, suh. ketiganya tertangkap setelah dua rekannya dan lain yakni ws alias c dan i sudah diamankan lebih-lebih dahulu.

ia mengatakan, agar pelaku berinisial su digemari berprofesi untuk pegawai negeri sipil di kabupaten luwu. sementara dua lainnya yang serta berstatus pns tersebut telah diamankan sehari sebelumnya yaitu at dan suh.

dengan ditangkapnya tiga orang ini, total terduga pelaku pembakaran sudah banyak lima pihak. dibandingkan kelimanya, anggota masih akan mengembangkannya dulu guna menjerat kompolotan yang lain dan melakukan pelemparan bom molotov itu, ujarnya.

mantan wakapolrestabes makassar tersebut mengaku manakala pihaknya sudah menambah kekuatan personel supaya mengendalikan situasi kota palopo pascakerusuhan dan terjadi akibat ketidakpuasan hasil perolehan suara dengan salah Salah satu kandidat dan kalah pada pilkada palopo, haidar basir-thamrin (hatita).

Lainnya: Harga dan Informasi Mobil Honda - Mencari Dealer Honda - Dealer Honda

pembakaran yang terjadi selama minggu (31/3) sudah melumpuhkan sejumlah pelayanan selama kantor pemerintahan juga tersebut juga yang menjadi alasan agar menambah pasukan agar keuntungan tersebut tidak lagi berlanjut, katanya.

personel gabungan yang dikerahkan di antaranya daripada brigadir mobile (brimob) polda sulselbar yang berjumlah kurang lebih 400 pihak. dari 400 itu, terdiri dari datasemen a makassar dan datasemen b kota parepare.

selain pasukan daripada brimob, dan banyak pasukan dibandingkan zat tentara nasional indonesia (tni) dan unsur yang lain juga turut juga untuk mengamankan situasi kondusif selama kota palopo.

kombes endi sutendi menunjukan kronologis pembakaran tersebut terjadi setelah massa yang diduga dibandingkan kubu hatita mendatangi kantor komisi pemilihan publik kota palopo website rapat pleno perhitungan suara putaran kedua.

proses perhitungan suara pada kantor kpu sudah mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan dibantu daripada tni serta unsur lainnya, namun angka massa jauh lebih sulit.

awalnya berjalan kondusif dibandingkan pagi sampai siang hari, namun setelah perhitungan beres diselenggarakan, massa yang berjumlah lebih dari 500 orang tersebut datang serta segera melempar juga membakar, katanya.

aparat gabungan yang berada pada objek wisata berusaha memukul mundur massa daripada pasangan nomor urut lima ini, namun pilihan saat saling lempar terjadi, kebakaran tiba-tiba ditampilkan dari kantor wali kota palopo.

sebelum api padam dan diikuti melalui kebakaran dalam website lainnya, diantara lain kantor partai golkar, kantor panitia pengawasan (panwas) kantor camat wara timur dan kantor media palopo pos dengan bersamaan dan ikut terbakar.

massa tandingan dari pemenang putaran kedua, judas amir-ahmad syarifuddin (ja) yang jumlahnya hampir sama dengan massa nomor urut lima itu kemudian saling lempar bom molotov dan membeli benda lainnya berhasil dipukul mundur dengan pasukan pengamanan.

hingga ketika ini, situasi telah mulai terkendali, tetapi anggota pengamanan baru tetap siaga mengantisipasi terjadinya kerusuhan lanjutan, tegas mantan wakapolrestabes makassar endi sutendi.