Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta besar korea selatan agar indonesia, kim young-sun, menungkapkan, indonesia bisa mengikuti peran konstruktif meredam ketegangan selama semenanjung korea dan intensitasnya terus meningkat beberapa masa terakhir.

saya berharap indonesia mampu memainkan peran konstruktif agar mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia memiliki hubungan bagus bersama korea utara dan korea selatan, kata kim, dalam jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia sangat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman yang lumayan kuat di menengahi dan ikut membantu penyelesaian semua konflik di kawasan asia-pasifik.

indonesia adalah salah Salah satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), dengan begini peran konstruktif merupakan peran yang tepat, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia sudah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai dalam kamboja melalui forum jakarta informal forum i serta ii. inisiatif indonesia di masa orde masih itu masih merupakan acuan bagi ada negara selama dunia.

dari sisi historis, presiden soekarno berteman bagus dengan pemimpin korea utara (ketika tersebut), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, yang lalu dan adalah presiden indonesia, juga melewati waktu kebaikan hubungan menarik kedua negara itu, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi kejutan sekaligus kenangan pertalian hubungan bagus kedua negara itu terhadap kim senior melalui bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga untuk kakek pemimpin masa sekarang korea utara, kim jong-un, itu tidak sulit dijumpai sampai kini.

duta besar kim mengajarkan, indonesia mesti mengirimkan pesan perdamaian yang terang terhadap korea utara untuk memenuhi koordinasi melalui komunitas dunia internasional. saya yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea yang adalah kunci menuju penghentian ketegangan perlu mendapat sokongan dari dunia internasional.

kim menyebutkan di sedang sorotan dan berbagai peringatan dari dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh pada 12 desember kemarin juga melangsungkan percobaan nuklir dalam 12 februari 2013.

korut juga belakangan berkali-kali berusaha meningkatkan ketegangan selama semenanjung korea dengan serangkaian pernyataan provokatif, katanya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang daripada pyongyang mempunyai dua lokasi utama, yaitu supaya meningkatkan soliditas juga kepercayaan kekuatan selama negeri, serta untuk mendesak dunia internasional melayani korut sebagai salah Satu negara nuklir.

pemerintah korsel pada dasarnya menginginkan banyak perubahan hubungan antara kedua negara korea daripada saling curiga serta penuh konfrontasi menjadi kedamaian berbasis kepercayaan.

meski itulah, dubes kim menegaskan pemerintahnya tak hendak terserah diam bila bagian korut mengerjakan provokasi dan telah dianggap berlebihan.

kami akan siap merespon provokasi yang lebih lanjut dari utara juga tetap beriringan bersama dunia internasional untuk mengingatkan mereka (korut) untuk melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir serta menjadi anggota dan bertanggung jawab di hubungan global, tutur kim.